ACI 2011 Goes to Tanakita Sukabumi!

Huwoow! Saya semangat sekali nulis perjalanan yang super ini, saudara! Soalnya udah beberapa minggu terakhir saya gak jalan-jalan ke mana-mana, setelah hampir 2 bulan melanglang melulu keliling Indonesia karena mengemban tugas ACI serta tugas kantor yang Subhanallah banyaknya.

Begini ceritanya.. Rakata (Outdoor Specialist) sebagai partner detik.com mengundang kami, geng ACI 2011 untuk bermalam di perkemahan mereka di Sukabumi, tepatnya di Tanakita, Situ Gunung. Tempatnya sendiri bisa dikunjungi dengan memakai angkot, ataupun nebeng temen yang punya kendaraan *ya iyalah*. Kalau mau agak-agak kena angin sepoy ataupun tipes di kemudian hari, boleh coba cara temen saya Dharma yang naik motor dari Taman Mini. Patokannya, kalau dari Polres Cisaat, belok kiri, truuus saja. Kira-kira 20-30 menit sampe deh ke Situgunung. Kalau dilihat dari blognya mas Harris , bisa juga make kereta api dari Stasiun Bogor setiap hari jam 17.00 dengan tarif Rp 8.000, turun di Stasiun Cisaat lalu dilanjut dengan menggunakan ojeg dengan tarif Rp 15.000.

Denah Tanakita

Ngumpul di Pejaten Village Jumat malam, saya yang nebeng mobil Adra nyampe di Tanakita hari Sabtu pagi buta. Kesan pertama melihat tempat ini.. Luas. Sejuk. Nyaman. Hijau. Gak ribet. Ngomongnya sih kemping, tapi kemping ala hotel bintang 5! Tendanya segede dosa, WCnya wangi, kamar mandi ada air panas, dan makanan yang disajikan bener-bener enak! Belum lagi pelayanan orang-orang sana yang sigap dan keamanan yang juara.

Green is all around you
Ke WC gak pake ribet!

Besoknya, kami semua nyobain Tubing, semacem Rafting tapi pake ban dalem. Selengkapnya, buka INI. Sedangkan pas sore beberapa temen jalan ke air terjun bernama Curug Sawer. Karena saya udah pernah ke sana dan kantuk menyerang dengan hebat, saya skip deh. Camkan ini: tidur siang hari di sana saat  rintik melanda itu.. Betul2 Subhanallah! Haha.. Di malam hari, sambil makan skuteng, jagung bakar, dan pisang coklat keju yang yummy, kita ceritanya brainstorming nih, apa movement yang bakal dilakukin sesama anak-anak ACI 2011. Selain itu, juga adu bakat dan standup comedy share pengalaman perjalanan masing-masing tim. Foto-foto dan video yang dishare temen-temen bikin speechless & bikin makin setuju kalo Indonesia emang punya kekayaaan alam yang sangat indah.

Malam di Tanakita, dan menu makanan yang juara kelas.
Siap-siap Tubing!

Gak cukup tubing sekali, besoknya kita minta tubing lagi ke Baba, salah seorang pendiri Rakata. Eits, tapi sebelum tubing, kita flying fox dulu dong! Seakan klimaks yang bertubi-tubi, pulang tubing kita dijamu dengan makan bareng di atas daun pisang yang dijembreng dari ujung ke ujung. Ikan asin, empal, sayur asem, lalapan segar, masuk semua ke perut saya yang makin bulet adanya. Segitu aja nih? Beluum! Dessertnya, kita makan duren sampe mabok!

Flying Fox FTW
Makan bancakan nan cihuy!

Wiih.. Pokoknya keriaan 2 malam ini bener-bener total. Buat temen-temen yang mau outing atau sekedar nginep2 seru di tempat yang gak terlalu jauh dari Jakarta, tempat ini sangat dirokemendasikan. Thank you Rakata, ACI Detik, dan Geng ACI 2011 yang bikin perjalanan hidup saya makin berwarna. Happy Traveling!

Thanks All! I have a blast! :)

(c) Image denah

Notes:

  1. Foto-foto Selengkapnya bisa dilihat di Facebook Titiw.
  2. Harga menginap di Tanakita: Rp 450.000/malam/orang. Sudah termasuk 3 kali makan & flying fox gratis.
  3. Kalo mau nambah sirkuit lain selain flying fox, tambah Rp 35.000/orang
  4. Harga sekali river tubing: Rp 150.000 kalo nginep, kalo cuma Tubing tanpa inap: Rp 225.000/orang
  5. INfo selengkapnya hubungi: Kang Isep (0812 1083 0483) atau Kang Piping (0813 111 35064)

9 thoughts on “ACI 2011 Goes to Tanakita Sukabumi!”

    1. Kemarin ada juga kok temenku yang bawa anak. Fine aja selama anaknya gak dibawa untuk Tubing ini, tapi cuma seneng2 di camp-nya.. :)

  1. Situ gunung masa siih,,,,dulu waktu SD kira2 tahun 90an sering maen kesana belum serame sekarang…kenapa dulu saya sering kesana karena rumeh nenek deket-deket situ.Sekarang hampir tiap tahun “Lebaran Idul Fitri” masih sering ke sukabumi tapi ga pernah ke situ gunung. Tahun ini akan saya coba tubingnya kayaknya seru nih…

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pulau Padar Titiw

Titiw

Ngeblog sejak 2005

Female, Double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau lihat nomor angkutan umum doang. Virgo abal-abal yang sudah menjadi blogger sejak tahun 2005 yang pengalaman menulisnya diasah lewat situs pertemanan friendster.

Scroll to Top