Performa Luar Biasa dari Charger & Batere Sanyo Eneloop

.!.

Bener emang kata orang, kalo kita punya suatu barang, pasti ada demand untuk membeli barang lain demi optimalitas barang yang pertama kita beli itu. Misalnya saja, saya abis beli kamera Canon PowerShot A480, saya butuh batre untuk jeprat jepret dong. Nah, batre sekali buang menurut saya adalah sebuah pemborosan, karena sepasang batre itu kadang hanya bisa dipakai untuk sehari cekrak cekrek yang bebannya tidak terlalu tinggi. Setelah browse sana, browse sini, tanya sana dan tanya sini, saya menemukan BATERE ENELOOP.

Eneloop Battery & Charger
Eneloop Battery & Charger

Batere keluaran Sanyo ini merupakan batre buatan Jepang yang tentu saja tak diragukan lagi performanya. Katanya nih, batre ini bisa dicharge hingga 1000 kali, dan ramah lingkungan. Tambahan lagi, sejak dibuka pertama kali batre tidak perlu dicharge. Bisa langsung dipakai. Wah, saya tentu saja jadi tertarik dan terdorong mendengar janji2 manis iklan batere yang berwarna putih tersebut. Finally, saya membeli Sanyo Eneloop mini charger, charger dengan 2 line yang dilengkapi pula dengan batre A2 Eneloop sebanyak 2 buah dengan cara onlain onlain.. onlain onlain.. *nyanyi*. HARGA BATRE: Rp 167.000 tanpa ongkos kirim.

Eneloop mini charger
Eneloop mini charger

Pertama melihatnya, saya jatuh hati dengan warna design si charger yang minimalis. Bentuknya mungil, dan sangat mudah untuk digendong ke mana2. Karena colokannya yang pipih itu, mungkin kamu perlu untuk membeli sambungannya biar bisa dicolok ke stop kontak kesayangan kamu. Gak mahal, saya beli sih 4000 aja kak. Ketika saya baca keterangannya, dengan jumawa gambar itu mendeskripsikan bahwa sekali pemakaian batre Eneloop bisa sampe 514 jepret, sedangkan batre biasa hanya dapat dipakai untuk 117 kali jepret. Storagenya atau umur penyimpanan pun menakjubkan. Nature dari batre rechargable ialah energinya lama2 menguap jika tidak dipergunakan. Namun apa yang dijanjikan Eneloop..? Jika batre ini penuh dan disimpan hingga setahun, energi yang terdapat di dalamnya hanya menguap sebesar 15%! WOW.

Stop Kontak Eneloop Charger
Stop Kontak Eneloop Charger
Eneloop vs regular Alkaline
Eneloop vs regular Alkaline

Daaan yang saya sukaaa sekali dari charger ini adalah.. Proses merecharge batre otomatis berhenti sendiri jika isi batre sudah penuh! Hohoho.. Untuk saya yg suka ninggalin ngecharge2 sambil dibawa tidur, charger ini sangat mengakomodir kelalaian saya tersebut. Eh jangan seneng dulu, tiap kamu ngecharge batre ini, waktu yang dibutuhkan hanyalah kurang lebih 3 jam. Beda dengan charger lain yang makan waktu seharian. Wah, kalo kudu ngecharge seharian, Belanda keburu dateng, bung! Katanya kalo batre ini udah bekas, bisa direcycle pula. Namun saya belum mengerti gimana kronologisnya. Mungkin kalo ada kamu2 yg kerja di SANYO melihat tulisan ini, tolong dijelaskan bagaimana caranya. Cukup basa basi, di bawah ini adalah pengalaman saya pribadi dalam memakai batre Sanyo Eneloop. Coba ditilik baik2, nak:

  • – Begitu nerima batre baru, saya langsung memakai tanpa dicharge terlebih dulu. Untuk seharian foto2 di Kota Tua & Yayasan Galuh: 332 jepret dihasilkan dari sini. (campur2, ada flash, ada nggak)
  • – Setelah dicharge keesokan harinya, saya make kamera selama seminggu dan batre habis saat jepretan ke- 350 (flashnya banyak) –> Mungkin secara kuantitas jepret tidak banyak. Tapi saya make seminggu lho..
  • – Charge ke-3: Mendapatkan 360 foto di Lampung selama 2 hari dan sampai sekarang (2 hari setelah dari Lampung), batre masih ada. WOW.

Dan betul nak, tante masih berpegang pada pepatah lama waktu kakek tante masih perjaka: ADA HARGA ADA RUPA.
PS: Tak ada sogokan dari pihak Sanyo bagi saya untuk membuat kalimat2 di atas. Dan kalopun ada, saya tidak masalah untuk menerimanya dengan sepenuh hati. Terima kasih.

28 thoughts on “Performa Luar Biasa dari Charger & Batere Sanyo Eneloop”

    1. Weish.. beloman mas.. waktu itu masih pake batere eveready.. hihi.. yg cipake sehari cuma berapa jepret juga udah ada merah2 kedip2.. hihi..

  1. Eka Situmorang - Sir

    Yakin bukan postingan berduit ? ;)

    anw infonya bagus koq Tiw.. diseimpen kalo kapan2 perlu :D hehehe

  2. saya juga punya, tapi baterai recharge yang AAA dan karena nyari rejeki seringnya di depan PC atau laptop, jadi saya milih yang bisa dicharge di PC atau laptop..mantap lah

    1. Kau punyanya yg mana mas..? merk eneloop ini juga atawa merk laen..? charger eneloop ini bisa buat A2 sama A3 juga lho.. Tapi gak bisa buat S2 lho.. biayanya mahal, heh.. *krik krik*

  3. kak titiw…beli online-online-online…nya di mana…pengen…(pdhal aq gak punya camdig, lah mo dipake apa coba ya…dasar latah)

    1. Dek perez.. kamu klik aja di mbah gugel, “Batere eneloop, Leo”, nah kamu akan nemuin iklannya ornag ini di mana2.. di Kaskus, di forum2, dan lain2.. orangnya dia2 juga yg jualan. Kalo gak salah dia punya toko juga di Jatinegara. Tapi lebih enak onlain onlain kan..? gampang dan hemat bahan bakar, hehe.. gak dipake di camdig, buat senter, mainan, dll juga bisa dek. Selamat mencari.. :)

  4. Saya punya sama persis….tapi begitu batere di pake ke kamera SLR…kurang tangguh :( akhirnya kembali ke sanyo2700

    tapi emang bener tuh charger bisa mati sendiri klo batere nya udah penuh…ajaib yah…kok dia bisa tau yah…halaaah

    1. Oh gitu ya..? apa karena bebannya dia makin berat kalo ditaro di SLR ya..? Kesian.. Padahal masih muda.. alah..

  5. Emang betul Battre Sanyo bagus saya pake enneloop buat kipas angin kuat 2 jam nyala terus…lumayan buat mati lampu tetep adem…

  6. yup ni batre emang mantab buat kamera digital,abis baca review sampean semalam, siang ini langsung beli batre + charge seharga Rp. 185.000,- di pasar genteng – Surabaya (yang ada kabel extender-nya) langsung test drive,dapat 20 shot rata2 pake blitz masih seger buger tuh batre….mantab

    *trims berat :-)

    1. Oh ya..? Senangnya bisa membantu.. kalo aku belinya yg langsung colok di dinding. Kamera situ apa..? kalo digicam biasa mah.. masih lamaa tuh abisnya.. tapi kalo SLR gak terlalu lama.. secara ya bo beban doi berat bener kalo dipake di SLR.. :D

  7. hihihi kalo omongin kameranya apa??,jadi malu -maklum pinjem emak- .oya kamera-ne Benq DC C850 yang udah agak “aneh” ,rencana juga mau beli kamera sendiri tapi bingung,daan lagi2 abis baca review soal Canon Powershot A480 dari sampean jadi tertarik moga aja bisa segera terwujud amiiiinn (alhamdulillah udah dapat batrenya hehehe –kebalik ya??–)

    1. Beli di onlain.. onlain.. onlain.. onlain.. nemu di kaskus tokonya, Om.. jangankan kerok jenggot, kerok punggung sampe merah2 juga sabi..

  8. numpang nanya om.
    waktu dicharge, baterainya jadi panas banget ga?
    ato hangat2 aja dan masih bisa dipegang?

    1. Begini nak.. kadang2 sih panas.. kadang2 nggak.. entah kenapa, beda colokan beda panas yang dihasilkan.. Om juga kurang mengerti kenapa bisa begitu..

  9. yang model.punya kamu ini udah gak dijual lg kali ya? yg kmrn kita liat di ambas uda gada lg kan? eh kalo.dijemur pake matahari kira2 tahan brapa lama ya?

  10. ASSALAM. mao tanya nih…. adakah battre eneloop dari sanyo yang hebat itu tuk pc laptop?????? kalau ada di manakah saya dapat membeli/memesan product tersebut????? mohon petunjuk nya ya,mas bro…..wassalam

    1. Wah, kalo yang ini sih batre standar oom.. Kayaknya nggak ada deh buat laptop.. Tapi mending cek aja langsung ke lapak2 terdekat..

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pulau Padar Titiw

Titiw

Ngeblog sejak 2005

Female, Double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau lihat nomor angkutan umum doang. Virgo abal-abal yang sudah menjadi blogger sejak tahun 2005 yang pengalaman menulisnya diasah lewat situs pertemanan friendster.

Scroll to Top